Senin, 10 Januari 2011

IBD ( Iseng-iseng )

INFO IPTEK
Merokok Tingkatkan Resiko Osteoporosis
Selasa,14 Februari 2006

Hampir semua orang di muka bumi mempunyai pendapat yang sama tentang kebiasaanmerokok, yakni merugikan kesehatan! Namun, lambat laun, pendapat tersebut makinterkikis dan seolah kehilangan 'greget'-nya, atas berbagai efek negatif yangdibeberkannya. Kebiasaan menghisap rokok, seolah menjadi bagian dari hidup, seolahturut menjadi 'vitamin', disamping kebutuhan pokok akan makanan dan minuman.Walau sesungguhnya 'vitamin' yang terkandung dalam sebatang rokok itu adalah racunyang berbahaya bagi tubuh.
Bila selama ini masyarakat mengetahui efek rokok menyerang kesehatan organpernapasan dan reproduksi, ternyata rokok juga bisa mengantarkan Anda pada resikoosteoporosis alias penyakit keropos tulang. Fachry Ambia Tandjung, KetuaPerhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) Jawa Barat, mengatakan, perokok sangatrentan terkena osteoporosis, karena zat nikotin di dalamnya mempercepat penyerapantulang.
Selain penyerapan tulang, nikotin juga membuat kadar dan aktivitas hormon estrogendalam tubuh berkurang sehingga, susunan-susunan sel tulang tidak kuat dalammenghadapi proses pelapukan.
"Rokok juga membuat penghisapnya bisa mengalami hipertensi, penyakit jantung, dantersumbatnya aliran darah ke seluruh tubuh. Kalau darah sudah tersumbat, ya prosespembentukan tulang sulit terjadi. Jadi, langsung tidak langsung, nikotin jelasmenyebabkan osteoporosis," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar