Rabu, 04 April 2012

Otak Kiri Versus Otak Kanan

Secara fisik otak terdiri dari dua bagian, sebelah kiri dan sebelah kanan. Teori struktur dan fungsi pikiran menyatakan bahwa dua belah otak yaitu otak kiri dan otak kanan mengendalikan dua pendekatan cara berpikir yang berbeda. Teori ini juga menyatakan bahwa masing-masing orang cenderung menonjol berpikir dengan salah satu antara otak kiri atau otak kanan.

Eksperimen menunjukkan bahwa otak kiri dan otak kanan bertanggungjawab terhadap cara berpikir yang berbeda antara orang yang satu dengan lainnya. Tabel berikut mengilustrasikan perbedaan berpikir otak kiri dan otak kanan.

Fungsi Otak Kiri:

- Objektif
- Menggunakan logika
- Orientasi detail
- Fakta
- Kata dan bahasa
- Sekarang dan masa lalu
- Matematika dan ilmu pasti
- Memahami
- Mengakui
- Persepsi urutan/pola
- Mengetahui nama objek
- Berdasarkan realita
- Menghasilkan strategi
- Praktis
- Mengambil sikap aman


Fungsi Otak Kanan:

- Subjektif
- Senggunakan perasaan
- Orientasi keseluruhan
- Imajinasi
- Simbol dan gambar
- Sekarang dan masa depan
- Filosofi dan agama
- Meyakini
- Menghargai
- Persepsi ruang
- Mengetahui fungsi objek
- Berdasarkan fantasi
- Memberikan kemungkinan
- dorongan
- Mengambil resiko

Kebanyakan orang mempunyai kecenderungan tersendiri dari dua cara berpikir ini. Sebagian orang cenderung menonjol otak kirinya, sebagian lagi cenderung menggunakan otak kanannya, dan sebagian lagi memiliki kemampuan berpikir menggunakan otak kiri dan otak kanannya secara seimbang. Otak kiri fokus pada berpikir logis, analitis dan akurasi. Otak kanan fokus pada estetika, perasaan dan kreativitas.






Tes otak kiri versus otak kanan
Berdasarkan kecenderungan penggunaan otak maka profesi yang cocok untuk orang yang berpikir dengan dominasi otak kiri antara lain programmer, ahli ilmu pasti, dokter, dsb. Sedangkan orang yang penggunaan otak kirinya dominan mempunyai bakat yang kuat untuk menjadi seniman, arsitek, penari, desainer, dsb.

Nah, setelah dilalukan ujicoba pd alat tes di atas. sekarang kalian sudah mengetahui, kalian cenderung menggunakan otak kanan atau otak kiri. Mulai saat ini coba kita perhatikan pola pikir kita dengan di sesuaikan pada keterangan *Fungsi Otak Kanan atau Kiri* yang berada di atas.
terimakasih, semoga bermanfaat.


Daftar Pustaka:
Tim Olvista .com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar