Kamis, 24 Oktober 2013

Sistem Informasi Psikologi Tugas Softkill 1



Sistem Informasi Psikologi Tugas Softkill 1

Pengertian Sistem Informasi menurut Alter Kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Bodnar & Hopwood kumpulan HW (Hardware) dan SW (Software) yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna. Sedangkan menurut Budi Sutedjo Kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi.

Jadi dapat dikatakan informasi dapat berinteraksi dengan system istilah umum yang menjelaskan teknologi yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan serta menyebarkan Informasi. Jadi, ketika manusia mencari atau memperoleh informasi, dikala itu pula berinteraksi dengan system.

Bila dihubungkan dengan Psikologi, jadilah Sistem Informasi Psikologi, yaitu Segala pengukuran tentang perilauku ekstrover ataupun introvert bahkan pengukuran intelegensi sekalupun atau sekedar teori-teori yang berbentuk tulisan, sekala, angka ataupun berbentuk symbol-simbol yang menjabarkan tentang psikologi sesuai prosedur yang berlaku pada masanya.

Untuk penggunaan Sistem Informasi dalam Psikologi, seperti tes-tes psikologi online merupakan tes kepribadian MBTI (Myer Briggs type indicator). Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah tes kepribadian yang menggunakan empat karakteristik dan mengklasifikasikan individu ke dalam salah satu dari 16 tipe kepribadian. Berdasarkan jawaban yang diberikan dalam tes tersebut, individu diklasifikasikan ke dalam karakteristik ekstrover atau introver, sensitifatau intuitif, pemikir atau perasa, dan memahami atau menilai. Instrumen ini adalah instrument penilai kepribadian yang paling sering digunakan. MBTI telah dipraktikkan secara luas di perusahaan-perusahaan global seperti Apple Computers, AT&T, dan berbagai rumah sakit, institusi pendidikan, dan angkatan bersenjata AS.

Contoh kasusnya adalah ketika memperoleh hasil penyebaran angket atau questioner yang berupa data-data yang telah di sortir lalu diolah menggunakan aplikasi SPSS dalam computer, khususnya dalam pengujian metode penelitian ilmiah kuantitatif. Guna untuk menguji keakuratan alat ukur yang digunakan dalam penelitian ilmiah kuantitatif.




Daftar Pustaka:

Andayati, D. (2012). Sistem pakar dalam bidang psikologi.
Iswanti, R. B. (2008). Dari konsep dasar menuju pengadaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar